Pages

Monday 24 June 2013

Segitiga Pascal

segitiga Pascal adalah suatu aturan geometri pada koefisien binomial dalam sebuah segitiga. yang menemukan segitiga pascal ini  sendiri merupakan seorang matematikawan asal perancis bernama Blaise Pascal. 
 Barisan segitiga Pascal umumnya dihitung dimulai dengan baris kosong, dan nomor-nomor dalam barisan ganjil biasanya diatur agar terkait dengan nomor-nomor dalam baris genap. Konstruksi sederhana pada segitiga dilakukan dengan cara berikut. Di barisan nol, hanya tulis nomor 1. Kemudian, untuk membangun unsur-unsur barisan berikutnya, tambahkan nomor di atas dan di kiri dengan nomor secara langsung di atas dan di kanan untuk menemukan nilai baru. Jika nomor di kanan atau kiri tidak ada, gantikan suatu kosong pada tempatnya. Misalnya, nomor satu di barisan pertama adalah 0 + 1 = 1, di mana nomor 1 dan 3 dalam barisan ketiga ditambahkan untuk menghasilkan nomor 4 dalam barisan keempat. Berikut  merupakan bentuk susunan lima baris pertama pada segitiga pascal: 



\begin{matrix}
&&&&&1\\
&&&&1&&1\\
&&&1&&2&&1\\
&&1&&3&&3&&1\\
&1&&4&&6&&4&&1
\end{matrix}

Penerapan segitiga pascal dalam matematika cukup banyak,beberapa di antaranya adalah untuk menetukan suku-suku dari jumlah atau selisih bilangan yang dipangkatkan, menghitung peluang dan menghitung banyaknya himpunan bagian. nah sekalian dulu untuk hari ini semoga bermanfaat


No comments:

 

Blogger news

Blogroll

About