Pages

Wednesday 3 December 2014

TANAMAN TRANSGENIK TERNYATA MEMILIKI DAMPAK BURUK

      Kini tanaman transgenik yang dihasilkan dari rekayasa genetik mulai dipertanyakan keunggulanya. Tanaman transgenik merupakan tanaman yang dimodifikasi atau disisipkan gen tertentu dengan tujuan untuk memperbaiki sifat-sifat yang diinginkan seperti meningkatkan resistensi terhadap pestisida, hama, atau kekeringan.Tanaman yang dihasilkan melalui teknik rekayasa genetika pun dapat diproduksi dalam waktu yang singkat, sehingga produktivitasnya menjadi lebih baik. 


         Namun disamping hal tersebut polemik tentang akibat yang ditimbulkan bagi kesehatan dan lingkungan pun mulai gencar dibicarakan. Dr Gilles Eric Seralini dari University of Caen melakukan percobaan terhadap hewan percobaan yang diberi tiga tipe jagung hasil modifikasi genetik dilaporkan mengalami gejala kerusakan organ liver dan ginjal.


"Hasil studi kami tidak menunjukkan adanya racun, hanya gejala keracunan. Tapi kami yakin ini bukan racun yang akut, namun tidak ada yang bisa menjamin juga produk itu tidak memiliki efek kronis," ujar Dr Seralini seperti dilansirDailymail, Jumat (22/1/2010).

         Eksperimen dilakukan dengan menguji tiga strain produk jagung GMO yang tahan pestisida. Ketiga jenis produk tersebut kemudian diberikan pada tikus percobaan. Setelah tiga bulan, peneliti melakukan pengujian terhadap beberapa fungsi organ dan hasilnya ditemukan beberapa keganjilan pada bagian liver dan ginjal.

"Secara statistik kami menemukan bahwa tikus yang diberi strain produk GMO mengalami gejala kerusakan pada bagian ginjal dan hati. Terdapat ketidaknormalan konsentrasi hormon pada darah dan urin tikus," kata Dr Seralini.Semakin tinggi konsentrasi hormon tersebut diduga semakin besar pula risiko kerusakan organ liver dan ginjal. Hasil studi ini dilaporkan dalam the International Journal of Microbiology.Meski demikian, menurut Dr Seralini studi lebih lanjut masih harus terus dilakukan dan dibuktikan pada manusia.

       Mungkin ada baiknya kita mengkonsumsi makanan yang alami yang memang sudah ada varietasnya dari sananya tanpa melakukan modifikasi tertentu terhadap tanaman tersebut. Masalah-masalah yang terkait pun sebaiknya ditanggulangi secara alami, agar kita manusia dan lingkungan di bumi ini tetap sehat dan terhindar dari berbagai masalah-masalah kesehatan yang berbahaya bagi tubuh dan dunia kita.


No comments:

 

Blogger news

Blogroll

About