Pages

Tuesday 10 February 2015

Logam Terkeras di Dunia

nah mungkin dari kalian banyak yang bertanya-tanya logam apa yang terkuat di dunia ini. selama ini yang kita ketahui baja adalah logam yang kuat tetapi perlu kita pahami bahwa baja itu sendiri dibentuk dari campuran beberapa logam, nah kalau begitu logam apakah yang terkuat di dunia ini???
Ternyata bukan kita saja namun sebagian ahli juga memiliki beberapa pemikiran yang sama dan mereka  sepakat  ada 3 unsur yang dapat dinyatakan paling keras di dunia ini bila dilihat dari susunan kepadatannya , nah berikut adalah unsur logam yang paling keras, mendekati sempurna.

1.   1.  Tungsten :
Berwarna baja ke abu-abuan, logam ini paling sering ditemukan dalam bentuk senyawa seperti yang ada dalam kombinasi dengan berbagai unsur kimia lainnya. Tungsten memiliki kepadatan sangat tinggi dan 19,3 kali lebih padat daripada air dan 71% lebih padat daripada Logam terkuat. Ditinjau dari kepadatan tungsten juga sedikit melampaui uranium. Karena sebagian besar tungsten tidak murni(pure), Tungsten cenderung menjadi agak rapuh, sehingga sulit dijadikan logam. Namun, tungsten murni dalam bentuk unsur memiliki ducktility(kelenturan) yang lebih baik dan sangat cocok diaplikasikan pada listrik. campurn logam tungsten juga digunakan dalam filamen(benang) bola lampu pijar, tabung  X-Ray dan campuran super logam.

2. Osmium :
Osmium adalah turunan keluarga platinum dan dianggap sebagai salah satu elemen terpadat yang terjadi di Alam. Ini adalah dua kali lebih padat daripada Logam terkuat dan sedikit lebih padat daripada iridium. Kepadatannya adalah 22.59 g / cm 3  .
Osmium berwarna abu-abu kebiruan, kadang-kadang abu-abu kehitam-hitamanan, sangat keras dan rapuh di alam dengan titik leleh yang sangat tinggi. Jenis logam ini sulit untuk diolah. Osmium sangat berkilau dan masih menghasilkan kemilau lembut bahkan di malam hari.

3. Titanium :
Meskipun lebih rendah kepadatan dibandingkan tungsten dan osmium, titanium dikenal karena  kekuatan tinggi, rasio berat, ducktility (kelenturan) tinggi, tahan terhadap korosi dan titik leleh tinggi (melebihi 1650 ° C atau 3000 ° F).
Titanium memiliki kemampuan yang relatif rendah untuk menghantarkan listrik dan panas dan memiliki sifat paramagnetik. Titanium berwarna perak dan titanium kelas komersial memiliki kekuatan tarik 63.000 psi.

No comments:

 

Blogger news

Blogroll

About